Klasifikasi Arwana Golden Red

No Comments
Hasil gambar untuk arwana golden red

Arwana Golden Red adalah salah satu ikan jenis arwana termahal di Indonesia. Ikan jenis ini memang sangat menarik dari banyak segi, sehingga tidak heran banyak penggemar ikan hias yang menggemari ikan yang satu ini. Bisa ditemukan di berbagai negara di benua Asia, Afrika, Australian bahkan Amerika Selatan, ikan arwana ini merupakan salah satu hewan purbakala yang bisa bertahan dari seleksi alam. Sebuah studi genetik membuktiakn bahwa ikan ini ternyata telah ada sejak 220 juta tahun yang lalu.

Merupakan salah satu famili Osteoglossidae, ikan ini adalah salah dari spesies arwana. Beberapa spesies lainnya adalah Arowana Silver (Osteoglossum bicirrhosum), arowana Hitam (Osteoglossum ferreirai) dan Arowana Irian (Scleropages jardinii).

Ciri-Ciri Dasar Arwana Golden Red
Dilihat dari bentuknya, Arwana Golden Red memiliki bentuk yang berkarakter, terkesan jantan dan sedikit angkuh. Di samping itu, di mulutnya terdapat sungut dan sisiknya cukup besar yang tersusun secara harmonis, yang membuat ikan ini memiliki keindahan yang berbeda dengan ikan arwana jenis lainnya. Di dalam air tenang, atau akuarium, akan terlihat bahwa ikan ini benar-benar layak disebut ikan yang anggun. Di Indonesia sendiri, ikan ini banyak dijumpai di Pekan Baru, Riau. Seperti arwana lainnya, Golden Red memiliki warna emas, tapi yang membedakan adalah warna emas ini tidak berubah sampai punggung, tapi hanya pada sisik pada baris keempat, atau (di beberapa ikan) hingga sisik baris kelima.

Warna dasar sisi ikan golden red ini tidak hanya merah keemasan seperti namanya, tapi juga bisa hijau atau biru, seperti yang ditemukan pada jenis Cross Back Golden. Kenampakan yang mirip juga ditemukan pada bagian bibir, sirip dan ekor. Namun, ketika masih usia muda, warna ikan ini nampak kusam ketimbang jenis ikan lainnya.
Dari segi daya tahan, Arwana Golden Red memang bisa bertahan dari berbagai gangguan dari luar, dan bisa mencapai ukuran yang lebih besar. Ketimbang lainnya, ikan ini lebih agresif.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar